Friday, April 6, 2012

WOW Film Digital Yang Menggunakan Teknologi NVIDIA

Film Layar Lebar ADVENTURES OF TINTIN karya Steven Spielberg Berfiturkan Terobosan Teknologi Bayangan dan Cahaya, Berkat Teknologi GPU NVIDIA
Paramount Pictures animated action-adventure, THE ADVENTURES OF TINTIN, dibawa ke dalam kehidupan layar lebar oleh Steven Spielberg seorang sutradara pemenang the Academy Award, produser Peter Jackson, dan senior VFX supervisor Joe Letteri. Film ini didasarkan pada salah satu komik yang terkenal di abad ke 20, aksi Tintin (Jamie Bell) dan Captain Haddock (Andy Serkis) yang berkeliling dunia untuk mengungkap harta karun dari kapal yang telah lama hilang - The Unicorn. Film ini ditayangkan di Eropa pada bulan Oktober 2011, dan di Amerika pada tanggal 23 Desember 2011.

Penggunaan bayangan dekat dan cahaya magis yang membuat Tintin tampil menjadi lebih nyata dan hidup dengan bantuan solusi ray tracing software yang dikembangkan oleh Weta Digital dan NVIDIA yang disebut PantaRay.

TANTANGAN

Film Digital Menggunakan Teknologi NVIDIA

"Transisi antara cahaya dan bayangan, penumbra, sulit untuk dihitung secara akurat," ujar Luca Fascione, pemimpin penelitian rendering di Weta. "Kami sangat bergantung pada PantaRay untuk menciptakan nuansa pencahayaan yang sesuai warna pada film. Akan sangat sulit untuk memberikan kualitas cahaya yang kita inginkan ke dalam film tanpa NVIDIA GPU." Fascione menambahkan bahwa sinar bayangan ditelusuri memerlukan perhitungan 100 sampai 1000 kali lebih banyak daripada solusi berbasis bayangan tradisional.

Film Digital Menggunakan Teknologi NVIDIA

Joe Letteri, supervisor senior VFX di Weta Digital, mengatakan: "Tantangan selanjutnya bagi kami setelah AVATAR adalah menangani pencahayaan interior di lingkungan serba digital. Kami berevolusi pengangan kita tentang pencahayaan tidak langsung specular dan menyebar secara akurat mengatasi bounching cahaya dan kita mengubah cara kita mengambil contoh cahaya untuk mendapatkan bayangan lebih lembut yang lebih penting untuk pencahayaan yang terlihat kami mengaturnya dengan Steven. Kami menggunakan PantaRay untuk menghitung data bayangan dan efisiensinya membantu kami mencapai hasil yang terlihat lebih baik dalam proses desain bayangan kami."

SOLUSI
Weta dan NVIDIA mulai bekerjasama tiga tahun lalu untuk mengembangkan PantaRay – yang memanfaatkan NVIDIA® professional GPU dalam rendering pipeline Weta sehingga lebih cepat, lebih dinamis dalam perhitungan gambar berbasis pencahayaan. Alat yang digunakan–awalnya digunakan dalam Avatar dan baru-baru ini digunakan pada Rise of the Planet of the Apes – dikembangkan lagi lebih jauh untuk Tintin untuk menghitung bayangan sinar ditelusuri dari sumber kecil maupun sumber cahaya utama, seperti jendela dan tempat lilin/ lampu gantung yang memancarkan bayangan lebih halus.

Film Digital Menggunakan Teknologi NVIDIA

Film Digital Menggunakan Teknologi NVIDIA

Film Digital Menggunakan Teknologi NVIDIA

DAMPAK

Film Digital Menggunakan Teknologi NVIDIA

Pencahayaan film tersebut telah dikreditkan dengan mendefinisikan arti magis dalam sentuhan kenyataan pada Tintin. Majalah Variety menyatakan, "Dengan sensitivitas besar, animator telah menerjemahkan sentuhan imajinasi, gambar elegan ke dalam dunia multi dimensi yang sangat nyata, terutama dalam penggunaan chiaroscuro lighting, yang ditampilkan dengan sinar matahari indah dan bayangan diseluruh …"

Sumber :http://www.kapanlagi.com/ragam/lifestyle/film-digital-menggunakan-teknologi-nvidia.html

0 comments: